Webinar Series PDAS : Perolehan dan Analisis Data Hujan untuk Pengelolaan DAS (Batch 2)

Laboratorium Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Fakultas Kehutanan UGM kembali mengadakan webinar. Webinar yang diselenggarakan pada hari Kamis 25 Juni 2020 masih mengangkat tema yang sama dengan webinar sebelumnya yaitu perolehan dan analisis hujan untuk pengelolaan DAS menggunakan Google Earth Engine. Webinar dengan tema yang sama diselenggarakan untuk yang kedua kalinya mengingat animo masyarakat pemerhati, praktisi, dan peneliti dalam bidang daerah aliran sungai sangatlah besar untuk topik ini.

Webinar yang diselenggarakan oleh Laboratorium Pengelolaan DAS Fakultas Kehutanan UGM ini disambut antusias oleh publik. Sebanyak 187 peserta yang terdiri dari akademisi, instansi pemerintahan, konsultan, NGO dan masyarakat umum mengikuti kegiatan webinar yang diselenggarakan dari mulai pukul 09.00 – 11.00 WIB.

Dr. Hatma Suryatmojo, S.Hut., M.Si. selaku pemateri dalam webinar ini menyebutkan bahwa peran data hujan dalam kajian dan pengelolan daerah aliran sungai sangatlah penting, meskipun demikian terkadang data tersebut tidak dapat diperoleh karena satu dan lain hal. Pada sesi kedua, M. Chrisna Satriagasa, M.Sc. memaparkan mengenai pemanfaatan platform cloud computing Google Earth Engine dalam perolehan dan analisis data hujan. Pemateri kedua ini menjelaskan bahwa meskipun terdapat beberapa hambatan dalam pemanfaatan data hujan dalam Google Earth Engine tetapi keuntungan dari pemanfaatan teknologi ini jauh lebih besar.

Record video webinar series PDAS seri 1 ini dapat disaksikan pada Video Berikut

Pemateri 1 : Dr. Hatma Suryatmojo, S.Hut., M.Si.

Pemateri 2 : M. Chrisna Satriagasa, M.Sc.

 

Materi PPT dapat diunduh pada link berikut :

Materi 1 : Dr. Hatma Suryatmojo, S.Hut., M.Si.

Materi 2 : M. Chrisna Satriagasa, M.Sc.