Antologi Manusia Citarum

JURNALISME DATA (2)

23 Februari 2023

Sungai Citarum yang memiliki keterkaitan dengan Kerajaan Tarumanegara menjadi salah satu sungai terpenting di Indonesia. Air Sungai Citarum digunakan sebagai bahan baku bagi belasan juta warga yang tersebar mulai Kota Bandung, Cianjur, Purwakarta, Bekasi, Karawang dan Jakarta. Aliran air sungai tersebut juga digunakan untuk memutar turbin di tiga bendungan untuk kebutuhan listrik masyarakat Jawa-Bali.

Secara angka, peran Citarum sangatlah besar. Namun, pengaruh terbesar sungai mungkin hanya bisa dirasakan langsung oleh mereka yang tinggal di hulu hingga hilir sungai.

Semenjak sang ibunda meninggal, Atep (45) diberi amanat oleh almahumah untuk menjaga tujuh mata air di Situ Cisanti, sumber air Sungai Citarum. Salah satu mata sungai yaitu Cikahuripan menjadi perhatian Atep karena keluarganya telah dipercayai secara turun temurun menjadi penjaga. Salah satu daya tarik Cikahuripan yaitu digunakan sebagai lokasi ziarah maupun mandi, namun menurut Atep kemampuan Citarum memberikan air kepada masyarakat selama berabad-abad merupakan hal yang membuatnya bersyukur.

Sungai telah membawa berkah bagi seluruh mahluk hidup. Salah satunya yaitu bagi Pembantu Letnan Dua Dadik Mauludin (42). Aliran sungai membantu Dadik bersama regunya untuk menemukan arah setelah tersesat selama 5 hari di hutan.

Amay (62) merupakan salah satu warga yang lahir dan besar di Sungai Citarum, telah merasakan manfaat langsung sungai dari berbagai kegiatan yang dilakukan oleh warga sekitar. Amay pun mengikuti perubahan sungai yang bersih menjadi kotor, hingga munculnya banjir. Bagi Amay tidak ada yang lebih berharga dibandingkan air sungai yang bersih dan bisa dinikmati seperti pada masa kecil.

Secara ekonomi, Sungai Citarum yang kotor juga mampu membawa keuntungan bagi pemulung seperti Rudi (24). Rudi menjadi salah satu pemulung mitra Bening Saguling Foundation, yayasan yang didirikan oleh aktivis lingkungan Indra Darmawan (51). Upaya baik Rudi telah berbuah baik. Kedua adik perempuannya dibiayai Bening Saguling Foundation untuk bersekolah SMA.

Dengan melibatkan masyarakat yang hidup dari dan di sekitar Citarum untuk bisa mendapat manfaat secara langsung, upaya pelestarian sungaiĀ  akan berkesinambungan.

Sumber : https://www.kompas.id/baca/investigasi/2023/02/22/antologi-manusia-citarum