ANALISI HUJAN RENCANA TAHUNAN METODE GUMBEL

Related Post

  • No related post.

Data hujan merupakan bagian dari data hidrologi yang penting untuk analisis-analisis dalam berbagai macam perencanaan. Dalam pengelolaan daerah aliran sungai (DAS) juga diperlukan data hujan yang jatuh di suatu DAS sebagai bahan pertimbangan dalam pengelolaan. Data-data hujan yang terkumpul dari hasil perekaman suatu stasiun hujan dapat digunakan untuk memprediksi curah hujan rencana tahunan yang akan datang. Curah hujan rencana merupakan estimasi hujan yang akan terjadi pada suatu DAS. Untuk menghitung hujan rencana tahunan dapat di cari menggunakan metode distribus Gumbel, Log Pearson Type III, Probabilitas Normal dan Probabilitas Log Normal.

Analisi hujan rencana tahunan pada pembahasan ini menggunakan metode distribusi Gumbel. Cara yang di gunakan untuk menentukan besarnya hujan rencana pada metode ini biasanya digunakan untuk analisis limpasan permukaan dan frekuensi banjir pada suatu DAS. Data yang dihasilkan menggunakan metode ini berupa data curah hujan maksimum periode tahunan. Hujan maksimum merupakan data yang penting diketahui karena merupakan salah satu karakteristik faktor yang dapat menyebabkan banjir maksimum pada suatu DAS. Data curah hujan maksimum juga dapat digunakan untuk menentukan rencana bangunan pengendali hujan pada suatu sungai. Data hujan periode tahunan juga bermanfaat untuk perancangan desain bendungan, jaringan irigasi, saluran drainase dan sebagainya.Berikut ini merupakan rumus perhitungan analisis hujan rencana dengan metode distribusi Gumbel yang di adobsi dari buku (Loebis, 1984).

  • Menghitung standar deviasi dari data curah hujan yang terekam di stasiun hujan setempat dengan rumus sebagai berikut ini.

  • Menghitung nilai faktor frekuensi (K) dari data curah hujan yang terekam di stasiun hujan setempat dengan rumus sebagai berikut ini.

  • Menghitung hujan menggunakan rencana periode ulang tahunan dengan rumus sebagai berikut ini.
  • Untuk lebih memudahkan dalam pemahaman perhitungan disediakan data hujan latihan seperti yang disajikan pada Tabel 1. Pengolah data di lakukan menggunakan Microsoft Excel. Berikut data dan tahapan pengerjaan data hujan rencana tahunan.
    1. Hitung curah hujan maksimum tahunan sebagai nilai Xi, dengan cara mencari curah hujan bulanan tertinggi dalam periode 1 tahun.
    2. Hitung curah hujan rata-rata (Xi) periode 2000-2019.
    3. Hitung Standar Deviasi (Sx) dengan tahapan sebagai berikut ini.
      • Hitung jumlah (Xi-Xr)2 sebagai nilai ∑
      • Hitung jumlah data n kemudian dikurangi 1 sebagai nilai n-1
      • Menghitung nilai standar deviasi dengan rumus berikut ini.
    4. Menentukan nilai Yt, Yn, dan Sn untuk menghitung faktor frekuensi (K)
    5. Menghitung nilai Yn dengan melihat pada tabel Reduce Mean (Yn) metode gumbel. Angka vertikal merupakan satuan puluhan dan angka hrizontal merupakan angka satuan. Apabila jumlah data 20 (n = 20), maka nilai Yn=0,5236.
    6. Menghitung nilai Sn dengan melihat pada tabel Reduce Standard deviation metode Gumbel. Angka vertikal merupakan satuan puluhan dan angka hrizontal merupakan angka satuan. Apabila jumlah data 20 (n = 20), maka nilai Yn=1,0628.
    7. Menghitung nilai Yt dengan rumus sebagai berikut ini.
    8. Hitung nilai K dari hasil penentuan nilai Yt, Yn, dan Sn dengan memasukan rumus sebagai berikut ini.
    9. Menentukan periode hujan rencana tahunan misalnya periode 2 tahun, 4 tahun, 6 tahun, 8 tahun dan 10 tahun.
    10. Hitung rencana hujan rata-rata tahunan dengan rumus sebagai berikut ini.

File latihan analisis hujan rencana tahunan dalam bentuk xls dapat di download pada link berikut ini.

LINK_DOWNLOAD

 

Tabel Curah Hujan

Tabel Reduce Mean (Yn) Metode Gumbel

Tabel Reduce Standard deviation (Sn) Metode Gumbel